Kamis, 08 Januari 2015

71 Pelajar SMA di Aceh Utara ikut Sosialisasi HIV dan AIDS

Peserta berfoto bersama usai berziarah|istimewa
ACEH UTARA – Sebanyak 71 pelajar di SMA/sederajat Aceh Utara mengikuti workshop HIV dan AIDS selama dua hari, 6-8 Maret 2014, di SMAN 1 Samudera, Kecamatan Samudera, Aceh Utara. Kegiatan ini bertujuan untuk memberi pemahaman tentang bahayanya HIV dan AIDS.

Ketua Panitia, Tiar Muzir mengatakan, kegiatan ini dalam rangka ulang tahun Pusak Informasi Konseling Mahasiswa Pusaka Aneuk Nanggroe (PIKMA PEUGO) yang pertama. Sebut Tiar ada sekitar 71 pelajar SMA di Aceh Utara yang menjadi peserta pada sosialisasi HIV dan AIDS. 

“Satu sekolah mengirim utusan sebanyak dua orang anggota PIK di sekolah masing-masing. ada sebanyak tujuh SMA yang mengikuti kegiatan ini. Para peserta menginap di sekolah dengan mendirikan tenda, sesuai kelompok masing-masing,” jelas Tiar.

Bagi yang peserta wanita, sebut dia, tidur di kelas yang telah disediakan dan laki-laki tidur dalam tenda. Rincinya kegiatan tersebut, pada pukul 19.00 WIB, peserta melakukan shalat maghrib bersama, makan malam  dan setelah isya tahapan perkenalan panitia dan peserta, jam 22.30 WIB peserta istirahat.

Kemuian di hari kedua, Sabtu 7 Maret 2014, sekitar jam 05.00 WIB, peserta dibangunkan shalat subuh dan ada tausiah pagi, dan jam 06.30WIB,  dilanjutkan dengan senam pagi. Pada jam 9 pagi acara di mulai, dan dibukakan oleh wakil kepala sekolah, dan dihadiri oleh beberapa Pembina PIK Remaja masing-masing SMA.

Pemateri dari BkkbN dan BNN berfoto bersama|istimewa
“Kegiatan ini diikuti dua pemateri yaitu dari BNN diisi oleh Azwar Djafar yang membawa materi tentang  HIV/AIDS dan Kespro. Acara ini berlangsung sampai jam makan siang.  Pada jam 14.00 WIB dilanjutkan dengan materi tentang Napza dan Kondisi seputar remaja oleh Qasimil Junaidi mewakili dari PPKS Bungong Jeumpa Perwakilan BkkbN Aceh,” sebutnya lagi.

Kegiatan yang diikuti sekitar 71 pelajar SMA perwakilan dari tujuh PIK di tujuh SMA yang ada di Aceh Utara. Kegiatan ini tidak saja mensosilisasikan bahayanya HIV dan AIDS, juga memberi pemahaman tentang bahayanya Narkoba, dan kesehatan reproduksi remaja.

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua PIKMA PEUGOE, Ajmir Akmal dan Runner Up Duta Mahasiswa GenRe Aceh, Muhammad Fuadi.

“Hari terakhir, Minggu 8 Maret 2014, jam 09.00 WIB, peserta mengikuti lomba karya seni kreatifitas. Kemudian dilanjutkan dengan berziarah ke kuburan Putroe,” sambung Ajmir.


Dia juga menambahkan,  dalam kegiatan ini, para peserta dipilih PIK terbaik dari masing-masing sekolah yang mereka wakili. Acara ini ditutup oleh Kepala SMAN 1 Samudera.  (Emil)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar