Kamis, 08 Januari 2015

Duta Mahasiswa GenRe Kampanyekan HIV dan AIDS

Duta Mahasiswa GenRe 2014, Debbie dan Ichwan|istimewa
BANDA ACEH – HIV dan AIDS merupakan penyakit yang sangat ditakuti untuk saat ini, karena belum ada obat yang efektif serta belum dapat dicegah dengan vaksin. Data yang di keluarkan oleh Komisi Penanggulangan AIDS Aceh sampai dengan bulan September terdapat 297 kasus HIV/AIDS di Provinsi Aceh.

Banyak hal yang sudah dilakukan pemerintah dan juga lembaga non pemerintah untuk menurunkan angka kasus ini, seperti penyuluhan, penyediaan fasilitas Voluntary Counseling Test (VCT) untuk memastikan orang yang beresiko HIV/AIDS terkena penyakit tersebut.

Kepedulian juga ditunjukkan oleh Duta Mahasiswa GenRe tahun 2014. Mereka mengikuti aksi peringatan Hari HIV/AIDS sedunia 1 Desember 2014 yang diselenggarakan oleh KPA Kota Banda Aceh bersama dengan lembaga pemerintah dan non pemerintah lain. BkkbN yang juga ikut dalam kegiatan ini memang memberikan perhatian lebih kepada remaja dengan mempromosikan tiga hal yang harus dihindari remaja yaitu seks bebas,napza serta HIV dan AIDS (Triad KRR).

Debby silviana,Ichwan Hassafa yang merupakan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014 bersama dengan teman-teman finalis Duta Mahasiswa GenRe lainnya mengikuti aksi yang dilaksanakan di dua titik yaitu simpang surabaya dan puncaknya dilaksanakan di bundaran simpang 5. Dalam Kegiatan tersebut para duta mengkampanyekan untuk menjauhi virus HIV dengan tidak berhubungan seks secara bebas, tidak menggunakan narkoba.

Mahasiswa Unsyiah bersama Duta Mahasiswa GenRe 2014
kampanyekan bahaya HIV dan AIDS di Bundaran
Simpang Lima Banda Aceh|istimewa
Debby dan kawan-kawan juga mengkampanyekan untuk tidak menjauhi orang yang sudah terkena HIV dan AIDS dan memberikan dukungan kepada mereka untuk dapat menjalankan hidup dengan baik serta dapat menyampaikan pesan-pesan untuk mengurangi resiko terkena HIV dan AIDS untuk orang-orang yang ada disekitarnya.

Dalam kesempatan ini Debby menyampaikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk terhindar dari HIV dan AIDS yaitu tidak melakukan hubungan seks sebelum menikah, setia terhadap pasangan(suami/istri),menggunakan pengaman untuk pasangan yang sudah terkena HIV dan AIDS, mengedukasi masyarakat terhadap bahaya penyakit tersebut serta tidak menggunakan narkoba.


Ichwan menambahkan remaja haruslah mempersiapkan 5 transisi yang akan dilaluinya yaitu Sekolah setinggi-tingginya, mencari pekerjaan yang baik, membangun keluarga, kembali kepada masyarakat dan menerapkan pola hidup sehat. Dengan melawati kelima transisi tersebut maka nantinya keluarga-keluarga yang terbentuk adalah keluarga yang sejahtera. (zarkasi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar