Sabtu, 14 November 2015

Aku Dan Mimpiku Untuk Indonesia

(Oleh : Ichwan Hassafa)

Saya seorang pemuda dari ujung barat sumatera yang memiliki mimpi setinggi langit dan mempunyai semangat hidup untuk sebuah perubahan besar agar Indonesia ke depannya menjadi jauh  lebih baik. Ketertarikan akan dunia arsitektur menjadikan saya sebagai seorang pemimpi dengan imajinasi tingkat tinggi yang berusaha menciptakan ruang nyaman bagi setiap orang yang berada di sekeliling saya. Memahami kebutuhan untuk menciptakan ruang demi keselarasan dan kenyamanan.

Sebuah mimpi besar untuk Indonesia mulai terlintas ketika saya mengenal potensi yang ada pada bangsa ini. Salah satunya pemuda yang merupakan tombak bangsa, potensi yang dibutuhkan bangsa ini untuk menjadi lebih baik dalam segala hal karena pemuda adalah sumber semangat, mimpi, dan idealisme. Potensi yang apabila dioptimalkan akan mampu memecahkan berbagai persoalan bangsa dan mewujudkan masa depan yang lebih baik.

Belum lagi dengan sosok  Indonesia yang  merupakan negara majemuk. Negara dengan penduduk lebih dari 220 juta jiwa. Memiliki keragaman agama, ras, suku bangsa, budaya dan adat istiadat, ditambah lagi tingkat pendidikan, ekonomi, serta partisipasi politik yang beraneka ragam. Indonesia juga kaya Sumber Daya Alam (SDA). Gelar sebagai negara dengan keanekaragaman hayati tertinggi kedua di dunia, penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, penghasil minyak terbesar ketiga di dunia, penghasil beras terbesar ketiga di dunia, penghasil emas terbesar ketujuh di dunia, dan lain sebagainya merupakan hal positif yang dimiliki Indonesia. Ini lah yang selalu hampir tertulis dalam setiap karya tulis yang berkenaan dengan Indonesia, termasuk saya yang sangat bangga akan potensi yang dimiliki Indonesia. Namun apakah ini hanya menjadi sekedar potensi yang hambar ? saya yakin kita pasti bisa mewujudkan Indonesia yang bermartabat dan menyeimbangkan Sumber Daya Manusia dan Sumber Daya Alam. dimana pembuktian nyata akan mimpi ini ada ditangan para pemuda. Oleh karenanya, pemuda butuh skill dan kemauan yang besar.

Indonesia sejatinya memiliki banyak kelebihan dan peluang dalam menggapai masa depan yang baik. Sumber Daya Alam menjadi modal besar yang belum tentu dimiliki bangsa lain. Kemajemukan penduduk juga menjadi peluang bagi bangsa ini untuk mengoptimalkan potensi yang ada. Semua hal tersebut adalah harapan yang tentu menmunculkan mimpi dan optimisme bagi bangsa ini.  Namun banyak permasalahan yang terjadi pada bangsa ini. Sebut saja, bahaya laten korupsi, permusuhan antaragama dan suku bangsa, kasus terorisme, dan lain sebagainya merupakan akibat dari kurangnya toleransi dan kesadaran akan kemajemukan yang ada di Indonesia.

Menjadi pemimpin harus memiliki sebuah komitmen akan sikap yang baik. Inilah yang belum banyak tertanam dalam jiwa muda saat ini. krisis moral telah membuat kekayaan yang ada hangus begitu saja. Akibatnya, SDA yang ada dikuras habis oleh negara lain karena kita belum mampu mengolahnya. Ditambah lagi kekayaan negara yang diselewengkan oleh para pemimpin yang hanya mementingkan dirinya tanpa mempedulikan nasib rakyatnya. Permasalahan tersebut tentu bukanlah sebuah lingkaran setan yang kita tidak bisa melepaskan diri darinya. Kita juga menyadari bahwa setiap masalah yang muncul terdapat solusi untuk memecahkannya. Semua tergantung pada usaha dan kerja keras. Segala sesuatu yang telah, sedang, dan akan terjadi sangat berkaitan erat dalam perjalanan sejarah seseorang dan suatu bangsa. Segala yang terjadi di masa lalu akan mempengaruhi keadaan saat ini dan segala yang terjadi saat ini akan mempengaruhi masa yang akan datang. Masalahnya, kita tidak bisa mengubah apa yang telah terjadi di masa lalu. Satu-satunya yang mampu kita ubah adalah mempersiapkan sikap kita terhadap apa yang telah terjadi di masa lalu dan yang sedang terjadi saat ini demi menggapai masa depan.

Masa depan Indonesia yang ada di benak saya adalah bangsa yang sangat ideal. Hamparan ribuan pulau yang mendapatkan karunia dari Tuhan berupa Sumber Daya Alam yang melimpah ruah, alam yang indah, dan sangat nyaman untuk dihuni. Indonesia di masa depan memiliki jutaan penduduk yang berkualitas, sejahtera, dan terbebas dari bahaya krisis moral .  Memiliki tingkat pendidikan, ekonomi, dan partisipasi politik yang tinggi.  Berkarakter kuat dan memegang teguh budaya ketimuran, namun mampu bersaing dalam globalisasi. Menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta mampu memecahkan berbagai persoalan yang terjadi. Bahkan, Indonesia mampu menyumbangkan ide dan solusi pada dunia. Mampu menjadi inspirasi setiap bangsa bahwa adanya perbedaan bukan halangan untuk dapat bersatu dan maju bersama. Sehingga, perdamaian dunia benar-benar terwujud. Tentu, mimpi akan masa depan bangsa ini bangsa ini di masa depan terletak di tangan pemuda karena pemuda adalah sumber semangat, mimpi, dan idealisme yang tinggi. Pemuda yang sesungguhnya toleran terhadap segala perbedaan dan memiliki kualitas serta moral yang baik. Sadar bahwa kehidupan tidak diberikan oleh Tuhan hanya kepadanya, sehingga ia menyadari betul hak dan kewajibannya, mampu memposisikan diri dan memiliki mimpi serta usaha untuk mewujudkan Indonesia yang jauh lebih baik.  Itulah jiwa pemuda yang sesungguhnya, semoga saya dan Anda termasuk golongan tersebut dan mampu menciptakan semangat, membangun mimpi, dan memegang teguh idealisme untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Sebagai seorang pemuda, saya mengharapkan agar kita sadar dan bergerak akan keberadaan potensi yang dimiliki Indonesia. karena Sudah lama negara ini memimpikan ladang subur yang di semai oleh penghuninya.  Intinya Indonesia mampu mewujudkan generasi emas yang berencana dan terencana yang bersemangat mengenyam pendidikan setinggi-tingginya, memperoleh pekerjaan yang mapan, membentuk keluarga sebagai “ the best leadership school”, peduli dengan lingkungan, dan mempraktekkan hidup sehat demi kelestarian lingkungan. Mimpi dan harapan setinggi langit, kerahkan  tangan kita wahai pemuda, indonesia pasti bisa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar