Rabu, 18 November 2015

Menjadi Duta Mahasiswa Merupakan Kebanggaan Dan Anugerah

Kisah Perjalanan Duta Mahasiswa Debbie Silviana dan Ichwan Hassafa
(Oleh : Debbie Silviana)

Halo Remaja GenRe diseluruh Indonesia... Salam GenRe!!! Tetaplah menjadi remaja yang selalu sehat, cerdas dan ceria ya! Pada kesempatan kali ini. Kami, Ichwan Hassafa dan Debbie Silviana,Duta Mahasiswa GenRe Aceh tahun 2014 akan berbagi pengalaman kami baik itu kesan, suka dan duka serta berbagai kegiatan yang sudah kami lakukan sebagai Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014. Saat ini Ichwan merupakan mahasiswa semester 7 di Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Universitas Syiah KualaAceh dan Debbie baru saja menyelesaikan masa studi nya di Politeknik Kesehatan KEMENKES Aceh, Jurusan kebidanan dengan meraih penghargaan sebagai lulusan predikat cumlaude.

Pada Tanggal 17 April 2014, Alhamdulillah Ichwan dan Debbie, kamiterpilih menjadi Duta Mahasiswa Genre Aceh 2014 dalam penyelenggaraan ajang Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014 di ACC Sulthan Selim Hall Banda Aceh yang di ikuti oleh 15 pasang finalis yang telah melalui tahap penyisihan awal. Kami sangat senang, bangga, bersyukur dan merupakan sebuah anugerah telah diberikan kepercayaan oleh BKKBN provinsi Aceh. Oke sahabat GenRe Indonesia...kami akan cerita terlebih dahulu nih bagaimana sih perasaan awal mula nya kami terpilih sebagai Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2014? Tentu nya kami merasa sangat tertantang karena menjadi Duta Mahasiswa GenRe bukan lah hanya icon atau seperti pajangan semata, tetapi kita harus melakukan aksi nyata dan terjun langsung ke masyarakat dengan berbagai perilakunya dalam mempromosikan program-program GenRe. Alhamdulillah berkat kerjasama yang baik Ichwan dan Debbie serta teman-teman ikatan Duta Mahasiswa GenRe Aceh, kita selalu berdiskusi dalam merencanakan berbagai kegiatan program-program GenRe yang sudah kami laksanakan dan terus berkoordinasi dengan BKKBN provinsi Aceh, sehingga kegiatan dapat dilaksanakan dengan baik dan kami pun mulai terbiasa dengan berbagai pola perilaku masyarakat dalam mempromosikan program GenRe.

Penasarankan apa ajasih kegiatan yang sudah kami lakukan selama menjadi Duta Mahasiswa GenRe? Nah, sebagai Duta Mahasiswa GenRe tentu banyak kegiatan positif yang sudah kami lakukan. Seperti memberikan sosialiasi tentang prilaku remaja dalam mempraktikan pola hidup sehat dengan menghindari resiko seksualitas, NAPZA, HIV/AIDS, menunda usia perkawinan sampai dengan usia ideal, bercita-cita dalam mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan life skill atau keterampilan hidup. Hal tersebut Alhamdulilah sudah kami lakukan di berbagai kota/kabupaten di Aceh dan juga melalui beberapa media televisi dan radio dengan mengisi talkshow berbagi inspiratif GenRe. Selain memberikan sosialisasi tentang program GenRe, kami juga ikut turut berpartisipasi dalam kegiatan sosial, seperti pada bulan Ramadhan lalu, kami beserta Ikatan Duta Mahasiswa GenRe Aceh membuat kegiatan “GenRe Goes to Panti Asuhan” dimana agenda pada kegiatan tersebut yaitu memberikan sosialisasi GenRe kepada anak-anak panti asuhan sekaligus berbagi berkah dengan melaksanakan buka puasa bersama dengan anak-anak panti asuhan. Kegiatan ini kami lakukanBukan hanya selama setahun menjabat, bahkan hingga saat ini kami masih sering berbagi motivasi dan informasi disetiap kesempatan. Duta adalah Icon dan role model,  bagi kami gelar itu tidak harus berhenti saat sudah usai masa jabatan atau sudah tidak memakai selempang lagi. Karena rasa ingin berbagi ini datangnya dari Hati kami.

Selain itu nih Sahabat GenRe , pada peringatan world AIDS’s day 2014 yang bertepatan pada tanggal 1 Desember, kami bergabung dengan komunitas-komunitas lain nya seperti Duta Wisata, Duta HIV/AIDS, Duta Bahasa, Duta Lingkungan dan Duta-duta lain nya untuk ikut mengkampanyekan tentang bahaya nya HIV/AIDS dengan membagikan brosure kepada masyarakat kota Banda Aceh. Hal ini juga memberikan pembelajaran bagi kami sendiri bahwsan nya jangan menjauhi orang yang telah mengidap HIV/AIDS, tetapi kita sebagai generasi muda berencana kita harus peduli terrhadap sesama dengan memberikan semangat dan dukungan kepada pengidap HIV/AIDS agar mereka optimis bisa kembali normal dan tetap memberikan kontribusi positif terhadap bangsa.

Keterlibatan dalam beberapa kegiatan Duta Mahasiswa GenRe dengan Partnership/mitra antara lain Dinas Pendidikan Aceh, Dinas Kesehatan Aceh, Universitas Syiah Kuala Aceh, Poltekkes Kemenkes Aceh, beberapa SMA (Sekolah Menengah Atas) di Aceh, beberapa Pesantren di Aceh, Komunitas Dompet Duafa, Media telivisi, radio dan Duta-duta yang ada di Aceh. Alhamdulillah mitra yang telah Ikatan duta Mahasiswa GenRe Aceh dan BKKBN Aceh lakukan mendapat respon yang baik, sehingga kami dapat mempromosikan program GenRe ini dengan luas dan mendapat dukungan penuh apabila kami melaksanakan berbagai kegiatan promosi Program GenRe dan Kegiatan sosial lain nya.

Hal yang sangat tidak bisa di lupakan menjadi Duta Mahasiswa GenRe  adalah ketika kami mewakili Aceh dalam Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional di Jakarta. Di situlah kami berkompetisi secara sehat serta memberikan segalanya yang terbaik dan juga mendapatkan teman-teman Duta Mahasiswa GenRe dari seluruh Indonesia sehingga kami bisa saling mengenal tradisi dan budaya satu sama lain. Ajang ini memberikan pelajaran yang sangat berharga, ilmu dan pengetahuan baru, serta memberikan motivasi agar dapat menjadi orang yang lebih percaya diri. Dalam kompetisi ini, menang atau kalah bukanlah hal yang terpenting bagi kami, tapi adalah pengalaman yang sangat berharga serta rasa kekeluargan yang erat kami ciptakan dengan duta-duta dari seluruh Indonesia.  Alhamdulillah pada malam puncak Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Nasional 2014 di Royal Kuningan Hotel Jakarta, Debbie Meraih Juara Harapan II Putri Duta Mahasiswa Tingkat Nasional 2014.

Hmm, berbicara tentang nilai lebih yang didapatkan sebagai Duta Mahasiswa Genre. Alhamdulillah mempunyai kebahagiaan tersendiri, bahagia itu ketika membuat keluarga tersenyum bangga, berbagi pengalaman dan informasi kepada teman-teman di Aceh, dan menjadi inspirasi bagi remaja-remaja Indonesia. Tugas mempromosikan program GenRe ini bukanlah tugas Duta Mahasiswa GenRe semata, tetapi seluruh remaja di Indonesia memiliki hak yang sama untuk saling berbagi, mengingatkan serta menjadi konselor teman sebaya dalam mempromosikan program-program GenRe ini untuk menanggulangi berbagai permasalahan remaja dan kependudukan. Karena remaja adalah sebagai pondasi bangsa yang akan mempertahankan dan membawa berbagai perubahan positif kepada bangsa.

Itu aja pengalaman yang dapat kami bagikan selama menjadi Duta Mahasiswa GeRe kepada sahabat GenRe Indonesia, semoga bermanfaat. Every Teenager is GenRe, Every GenRe is Golden Generation. Salam Genre!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar