Selasa, 15 Desember 2015

GenRe Hasilkan Generasi Indonesia Hebat

(Oleh : Heru Tesar Ichsan)

Indonesia dibawah kepemimpinan Ir. H. Joko Widodo dan Drs. H. Jusuf Kalla saat ini gencar sekali mempromosikan transformasi gaya hidup menuju Indonesia Hebat dengan program “Revolusi Mental”. Menjadi pertanyaan kita saat ini, apakah Mental Masyarakat jauh dari kata baik dan harus di benahi ? sekali lagi itu hanyalah pertanyaan yang bisa jawab sendiri dalam hati tentang bagaimana peran dan fungsi kita hidup sebagai makhluk tuhan dimuka bumi ini. Untuk menciptakan manusia-manusia Indonesia yang berakhlak mulia, dibutuhkan keinginan yang kuat dari masyarakat Indonesia itu sendiri. Kearifan lokal Indonesia yang sampai saat ini masi terjaga dimasyarakat ialah budaya “Gotong Royong”. Dimana budaya gotong royong itu sendiri sudah mendarah daging bagi seluruh masyarakat Indonesia. Mungkin budaya gotong royong akan hilang dari kehidupan masyarakat Indonesia, apabila budaya dan teknologi canggih melanda Indonesia dengan sangat cepat dan menimbulkan gejala sosial yang kuat. Disinilah dibutuhkan peran masyarakat untuk menciptakan generasi baru Indonesia yang kuat.

Dari zaman kepemimpinan Presiden Soeharto hingga Presiden Jokowi, Indonesia telah mencangkan program kesejahteraan yang berbasis pada pemamfaatan masyarakat perkotaan sampai ke perdesaan melalui program KB ( Keluarga Berencana ) yang menjadi program unggulan saat ini. Semakin bertambahnya penduduk Indonesia dari tahun ke tahun, maka akan terbuka pula bagaimana peluang anak muda dalam menyerap aspirasi publik dan bekerja diberbagai sektor. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia dari masa pemerintahan presiden Soeharto bahkan hingga sekarang Presiden Jokowi, selalu bekerja ekstra untuk bisa mengalakkan program KB yang akan memakmurkan masyarakat melalui angka pertumbuhan manusia Indonesia itu sendiri. Saat ini BkkbN sedang gencar-gencarnya mempromosikan program baru yang lebih fresh dan kekinian yaitu program “GenRe : Generasi Berencana”. Mungkin biasa saja seperti singkatan-singkatan biasa, tapi GenRe memberikan nuansa baru yang memang disegala lini bisa hadir dengan konsep pemikiran masing-masing yang jauh lebih baik. Sejauh ini GenRe menjadi symbol baru ditengah-tengah masyarakat tentang bagaimana Indonesia kedepannya bakal di isi oleh Generasi-generasi muda yang secara sistematis merencanakan hidupnya mulai dari rencana pendidikan, rencana pernikahan, bahkan rencana masa depan yang sudah disusun secara baik pada saat dia berfikir tentang cara hidupnya.

Indonesia butuh generasi-generasi muda yang sehat, cerdas dan ceria seperti slogan Program GenRe yang telah dicanangkan oleh BkkbN Republik Indonesia. Banyak sekali kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh BkkbN Republik Indonesia untuk mensukseskan program GenRe tesebut diantaranya ; Program BKB ( Bina Keluarga Balita ), BKR ( Bina Keluarga Remaja ), Program PIK R-M ( Pusat Informasi Koseling Siswa – Mahasiswa ), Pembangunan Kantor PPKS ( Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera ) di tiap-tiap kabupaten kota di seluruh Indonesia, dan Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Provinsi setiap tahunnya. Dari beberapa program tersebut, terciptanya suasana keramahtamahan dimasyarakat dengan berlandasakan sikap gotong royong dalam membantu sesama. BkkbN Republik Indonesia saat ini sangat gencar-gencarnya mengajak kaum muda-mudi untukbisa terlibat aktif dalam menciptakan Generasi Berencana yang hebat dan inovatif didalam lingkungan masyarakat.


Kepala BkkbN Republik Indonesia pernah berkata dalam sebuah pidatonya “Indonesia Butuh Generasi Muda yang berencana yang bermental kreatif, inovatif, dan berjuang dengan penuh semangat. Hanya ditangan Generasi mudalah, Indonesia akan bertransformasi menjadi Negara besar yang berevolusi mental menjadi manusia yang bersahaja dengan melibatkan manusia terdidik dalam setiap kegiatannya”. Ini adalah salah satu kata-kata yang memperlihatkan bahwasannya Indonesia saat ini harus bangkit dan maju bersama Generasi – generasi muda berencana. Generasi yang sehat, generasi yang cerdas, dan generasi yang ceria adalah Generasi Berencana Indonesia yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan para pahlawan Indonesia demi terwujudnya Indonesia Hebat bersama Generasi Berencana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar